Salah satu kehebatan orang jepang adalah, sejak dulu mereka selalu mencari cara untuk mempermudah kehidupan mereka, bahkan sejak jaman edo (sekitar abad 18). Mereka membuat sistem atau alat yang berguna untuk meringankan pekerjaan mereka, atau aktifitas mereka sehari-hari. Salah satu alat ciptaan mereka adalah "robot"

Hohoho, jangan pikirkan Autobots dari transformer atau doraemon untuk kata "robot" disini(makanya dikasi tanda petik). Namanya juga jaman edo,gak mungkin secanggih dan semoderen itu. Bukan dibuat dari bahan metal yang mengkilat dan yang pasti gak bakal nyetrum. Dibuat dari kayu dan gak ada peralatan yang mengandung listrik sama sekali. Seperti ilustrasi di bawah ini, robot jaman edo berbentuk boneka yang terkenal sekarang dengan nama Karakuri Ningyou (Boneka Karakuri).

 gambar diambil dari sini

Boneka Karakuri diatas adalah cha-hakobi/pembawa teh. Yep, boneka untuk menyuguhkan teh. Boneka ini bergerak dengan algoritma sederhana, bergerak ke arah tamu/orang yang akan disuguhi teh (tentu aja "diarahkan" dulu, hey...jaman edo belum ada "robot beneran" apalagi AI), jika gelas/cup teh di bakinya diangkat, dia akan berhenti. Dengan sabar menunggu si tamu minum, lalu jika cup tehnya dikembalikan ke bakinya, dia akan berputar dan berjalan lagi ke tempat semula di mana tadi awalnya dia bergerak. Simple.

Tapi itu HEBAT! Gila! cuma kayu,dan mungkin juga ada pegas dan roda, dia bisa bergerak untuk memenuhi "tugas" tertentu sampai "selesai" (kalo kasus seperti yang diatas,dia ditugasi untuk menyuguhi teh dan selesai dengan membawa cup yang kosong, tentu diasumsikan bahwa si tamu meminumnya mpe habis). Dengan alat dan bahan sederhana, orang jepang bisa membuat "robot". Bahkan sekarang masih jadi bahan perbincangan bahwa Karakuri ningyou ini adalah "cetak biru" untuk penciptaan robot jaman sekarang (well...kalo RahMaNieZt se percaya aja, kebanyakan hal yang berbau "robot canggih" pasti orang bilang made in japan :D ).

gambar rangka karakuri  cha hakobi

Boneka Karakuri ini secara garis besar ada tiga tipe. Yaitu Butai karakuri (舞台からくり stage karakuri) yang digunakan di teater,lalu Zashiki karakuri (座敷からくり tatami room karakuri) biasanya kecil dan dapat "dimainkan" di ruangan,dan yang terakhir Dashi karakuri (山車からくり festival car karakuri) yang digunakan pas festival. Cha hakobi termasuk Zashiki karakuri.

Contoh lain tipe Zashiki antara lain:

Dan-kaeri (alias jungkir balik-emm ini RahMaNieZt yang namain, lucu buat lucu2an)



















terus buat yang seneng "sulap ada tipe shina-tama alias magician doll

 keterangan : tiap boneka ini bergerak untuk membuka kotak, isi kotaknya bisa ganti-ganti. Jadi pengen tahu apa aja isi kotaknya....














Terus ini yang paling keren menurutku, dan sumpah pengen tak beli kalo ada duit, Yumihiki-doji alias archer puppet. Boneka satu ini bisa memanah beberapa kali, mengambil anak panah dari tempatnya dan menempatkannya pada busur,menarik busurnya lalu melepasnya. Sugoii... MAJI SUGOII!!



The Amazing Karakuri Ningyou diatas ini adalah replika atau reproduksi dari karya asli puppeternya yaitu Tanaka Hisashige. Kenal nama itu? Beliau adalah salah satu founder dari perusahaan yang sekarang kita kenal dengan nama TOSHIBA corporation. Pantes TOSHIBA sukses, salah satu orang perusahaannya jenius begini, gimana kalo ada 100orang kayak beliau??

Hehehe, semua yang hebat sekalipun pasti ada kekurangannya, dan kekurangan boneka karakuri ini adalah harganya MAHAL gak masuk akal :D. Bisa mencapai 1,323,000 JPY untuk shina-tama, dan berkisar  418,000 JPY untuk cha hakobi. Huuaaaaaaa....  i can't afford to buy one... ada yang pengen ngasi aku salah satu gak? Kado karena aku maniezt mungkin?? :D

well, kurasa review kali ini cukup segini. Informasi lebih lanjut bisa langsung lihat disini dan juga disini jangan lupa juga lihat di wikiped

sumber gambar juga dari link yang ada di posting kali ini,dan video dari youtube.

Comments (0)